Saat
ini banyak anak muda yang menggandrungi dunia drag bike,tapi banyak
di antara mereka yang belum banyak tau gimana cara ngerubah metor
standar dealer jadi semi drag. Ni gue kasih sedikit tips buat yang
pengen motornya jadi semi drag.
Di awali memajukan bukaan noken as
lebih menguntungkan torsi diputaran bawah. desain lobe :
setiap bubungan sebuah cam,untuk tiap klep memiliki banyak
variable, came lobe bukan hanya mengatur lift dan kapan membuka dan
menutup, tp juga specd, akselarasi, overlap, dan tekanan kompresi diruang
bakar yang diatur kecepatan noken as. base circle (lingkaran
dasar), posisi ini klep menutup, ukuran base circle mempengaruhi lift
champ.
semakin kecil base circle memungkinkan lift semakin tinggi tp
rawan menjadi noken as ”lentur” dan timing melompat. ramps
adalah bagian lobe dimana lifter bergerak naik dan berakhir
menutup. racing chamehaft, bentuk kurva area ramps memiliki kecepatan
dan akselarasi tinggi. bentuk memiliki bentuk kurva opening dan
closing ramps yang tidak sama. bertujuan untuk mamaksimalkan kecepatan
klep dan control.
Dalam aplikasi balap, umumnya akselarasi klep
dibuka secepat mungkin, tetapi kecepatan bukaan klep dilambatkan
secara drastic saat mendekati puncak lift untuk mencegah
flooting. sedangkan pada posisi menutup, klep harus diturunkan
dengan lembut untuk menjaga daya tahan daun klep. Memperlebar LSA
menghasilkan kurva torsi yang rata dan lebar yang bagus di RPM tinggi
tapi respon gas lambat. Merapatkan LSA menghasilkan efek
berlawanan membuat torsi memuncak, mesin cepat teriak, namun rentan
tenaga sempit.
Factor yang mempengaruhi overlapping yang ideal
adalah Ruangan bakar yang kecil biasanya yang butuh overlapping yang
sedikit saja dikarenakan didisain untuk memaksimalkan torsi di RPM
rendah. Banyak mesin balap saat ini tergantung pada putaran mesin
tinggi untuk memaksimalkan gear rasio, Sehingga overlapping lebih
banyak justru membantu, Ketika RPM melonjak,klep membuka dan menutup
semakin cepat.
Stang piston panjang juga mempengaruhi tentang
LSA, Karena piston berada di TDC semakin lama. Ini membuat ruang
bakar semakin mengecil untuk menerima pasokan udara/bahan bakar.
Sehingga overlapping yang lebih sedikit mampu mengisi ruang bakar
lebih baik. Selain mengurangi kevakuman dan potensi gas membalik.
Kebanyakan overlapping dalam mesin balap menghasilkan gas yang tidak
terbakar langsung menuju pipa knalpot. membuat boros konsumsi bahan
bakar,Untuk balap jarak pendek ini tidak masalah (DRAG).
semakin kecil base circle memungkinkan lift semakin tinggi tp rawan menjadi noken as ”lentur” dan timing melompat. ramps adalah bagian lobe dimana lifter bergerak naik dan berakhir menutup. racing chamehaft, bentuk kurva area ramps memiliki kecepatan dan akselarasi tinggi. bentuk memiliki bentuk kurva opening dan closing ramps yang tidak sama. bertujuan untuk mamaksimalkan kecepatan klep dan control.
Dan jangan lupa gunakan knalpot racing untuk memaksimalkan pembuangan.
bahan bakar yang bagus pake apa om???
BalasHapuspertamax plus ato gas???